Tuesday, September 16, 2008

Drupadi

Sebelum laskar pelangi, mari kita bahas tentang Drupadi..

Jadi cerita Drupadi ini diambil dari kisah Mahabharata, di mana Drupadi adalah seorang putri yang tercantik di jagat raya. Dalam suatu sayembara memanah untuk menyunting Drupadi, Arjuna berhasil memenangkan pertandingan tersebut. Namun, karena suatu hal, Drupadi akhirnya menjadi istri seluruh pandawa lima (tapi klo di versi Jawa yang udah dipengaruhi budaya Islam, Drupadi hanya jadi istrinya Yudistira si anak pertama.. soalnya poliandri kan dilarang).

Dalam suatu permainan dadu antara Pandawa dengan Kurawa (yg adalah sepupu Pandawa), Drupadi dipertaruhkan dan sayangnya, Pandawa kalah... Kejadian ini menjadi awal peperangan Bharatayuda.

Intinya (menurut press release di blog-nya Dian Sastro), Drupadi ini bercerita mengenai wanita yang menolak dijadikan komoditas... sisanya mari kita tunggu saja! (eh tapi ga tau deh nih film untuk konsumsi umum ato cuma festival aja)

Karena penasaran, gw lalu searching2 tentang Mahabharata ini... kalo Pandawa lima kan emang sering denger, tapi masih banyak banget yang gw ga tau, kayak:

Pandawa Lima itu terdiri dari si sulung Yudhistira, anak kedua Bhima, anak tengah Arjuna, anak keempat dan kelima si kembar Nakula dan Sadewa.

Terus gw juga baru tau kenapa Arjuna dibilang Mencari Cinta... soalnya perjalanan cinta dia ternyata emang cukup berliku.. ga cuma sama Drupadi aja.

Terusss.. gw juga baru tau klo Gatotkaca itu anaknya Bhima dan seorang raksasa wanita (yg kakaknya dibunuh oleh Bhima). Si Gatotkaca ini kalo ga salah tewas di saat Bharatayuda.

Yah gitu dehhh.. lumayan nambah pengetahuan...

By the way.. JANGAN LUPA YANG JADI ARJUNA ABANG NICHOLAS SAPUTRA GANTENG!!!!

untuk keterangan lebih lanjut, baca aja blog-nya Dian Sastro http://blog.diansastrowardoyo.net

Dadahhh!!

No comments: